Catatan Amalia

Perbedaan Asuransi Mobil TLO Dan All Risk

27 Jun 2016 - 13:26 WIB

Meskipun dalam asuransi kita harus membayarkan sejumlah uang kepada perusahaan atau premi, namun sebagian dari mereka lebih merasa aman dan nyaman kalau memiliki asuransi mobil. Hadirnya asuransi memang bisa membuat pemilik kendaraan menjadi lebih aman ketika sedang mengalami sebuah masalah.

Namun faktanya masih banyak orang yang belum mengetahui dengan jelas apa perbedaan asuransi mobil TLO dan All risk itu. Harusnya kasus ini tidak perlu terjadi, karena biasanya disaat membeli mobil akan satu paket dengan asuransi tersebut.

Mengetahui perbedaan asuransi mobil TLO dan All risk itu sangat penting. Kenapa bisa demikian? Tentu saja karena hal tersebut akan mempengaruhi dari apa yang harus kita lakukan dan klaim seperti apa yang bisa kita dapatkan. Bagi anda yang masih bingung untuk mengetahui perbedaan asuransi mobil TLO dan All risk, mungkin dengan penjelasan singkat berikut ini bisa membuat anda menjadi lebih tahu.

Asuransi TLO atau Total Loss Only adalah salah satu jenis asuransi dimana seorang pemilik asuransi dapat mengajukan klaim ketika kerusakan dalam kendaraan sudah mencapai persentase sesuai yang tertera pada polis.

Sebelum memilih asuransi ini biasanya perusahaan akan memberi tahu seberapa besar prosentase kerusakan pada mobil yang bisa diajukan untuk mendapatkan klaim. Misalkan 75%, jadi klaim hanya bisa dilakukan ketika mobil tersebut sudah memiliki kerusakan sebesar 75% dari harga pembelian. Namun jika kerusakan masih dibawah 75% maka klaim tersebut tidak bisa dilakukan atau ganti rugi atas kerusakan tidak bisa dilakukan.

All Risk atau biasa disebut sebagai asuransi comperhensif bisa kita artikan sebagai sebuah asuransi dimana pemilik bisa mengajukan klaim atas kerusakan kendaraan mobil secara keseluruhan baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar.

Jika dalam TLO klaim hanya dapat dilakukan jika kerusakan sudah mencapai angka perjanjian, maka dalam asuransi ini klaim dapat dilakukan jika kendaraan mengalami kerusakan baik itu kerusakan besar maupun kecil seperti lecet, tergelincir, kecelakaan, kehilangan, atau kebakaran. Meski demikian, namun beberapa klaim terpaksa harus ditangguhkan, karena pihak perusahaan merasa hal tersebut tidak memenuhi syarat dan besarnya premi yang dibayarkan pada All Risk ini lebih besar dari pada TLO.

perbedaan asuransi mobil TLO dan All risk

  •  Perbedaan Asuransi Mobil TLO Dan All Risk

Dari penjelasan singkat tersebut, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa perbedaan asuransi mobil TLO dan All risk terletak pada jenis kerugian yang kita alami dan besarnya premi yang kita bayarkan. Pada asuransi TLO kita hanya bisa mengajukan klaim jika kerugian sudah mencapai batas tertentu, sedangkan all risk kita bisa mengajukan terhadap kerugian apaun.

Kedua besarnya premi yang harus kita bayarkan kepada perusahaan. Karena All Risk memiliki cakupan klaim yang lebih luas, maka jumlah prtemi yang dibayarkanpun sudah otomatis lebih besar dari pada TLO.

Berikut perbedaan asuransi mobil TLO dan All risk, mana yang lebih baik? Anda bisa memilih sendiri mana asuransi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda.


TAGS   asuransi mobil / insurance /


Author

saya suka menulis hal yang bermanfaat, dan saya sangat menyukai kritikan yang membangun dan memotivasi,,

Recent Post

Recent Comments

Categories

Archive